9 Teknik Periklanan Untuk Bisnis Kecil

9 Teknik Periklanan Untuk Bisnis Kecil

Periklanan adalah mesin perdagangan dan komponen penting dari bisnis apa pun. Saat ini, ketika persaingan semakin berkembang setiap hari, terjadi perubahan pesat yang muncul di bidang promosi bisnis. Biasanya, pemilik usaha kecil terlihat kurang memiliki pengetahuan tentang iklan berkualitas tinggi.

Lebih baik merencanakan dengan baik sebelum iklan. Rencanakan anggaran periklanan Anda, sedikit pemahaman tentang dasar-dasarnya, pahami apa yang perlu dilakukan bisnis kecil, dan apa yang harus dibuang adalah beberapa komponen kunci dari periklanan yang efektif. Di sini, kita akan berbicara tentang teknik periklanan untuk bisnis kecil:

1. Mempromosikan Bisnis di Internet

Saat ini, penggunaan internet adalah pilihan yang paling terjangkau bagi wirausahawan yang berorientasi pada hasil cepat. Jadi, jika bisnis memiliki sejumlah uang, ada baiknya membuat situs web untuk perusahaan baru. Situs web bertindak sebagai kartu nama bagi para pengusaha yang memberikan informasi yang berguna dan ringkas untuk menarik investor yang berminat, calon karyawan, dan pelanggan bisnis.

Tapi ingat, membuat situs web saja tidak cukup; peringkat di mesin telusur teratas juga penting untuk perolehan prospek. Jadi, jangan lupa untuk meminta bantuan dari Pakar SEO. Para ahli ini bekerja sesuai dengan beberapa prinsip untuk mempromosikan situs web. Beberapa dari mereka adalah:

  • Penempatan konten unik.
  • Membuat headline, subtitle dalam artikel yang akan berfungsi sebagai iklan.
  • Terapkan kueri utama.
  • Desain konten menggunakan ilustrasi dan video.

Untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan jejaring sosial dengan bergabung dengan berbagai komunitas. Di platform ini, ada peluang untuk mendapatkan banyak pelanggan. Apalagi ada beberapa platform online lain untuk mempromosikan bisnis Anda. Seperti:

  • Live Journal (hanya sebagai saluran tambahan!)
  • Katalog perusahaan
  • Blog perusahaan
  • Papan buletin internet
  • Forum

2. Promosikan Bisnis Anda Menggunakan Video

Opsi ini juga tidak gratis tetapi membutuhkan investasi finansial paling sedikit untuk mempromosikan bisnis. Anda perlu membuat video tentang bisnis Anda dan mengunggahnya di saluran YouTube, Facebook, Instagram, dan platform Sosial Media lainnya.

Platform ini memiliki banyak sekali basis pengguna. Jadi, ada kemungkinan hasil instan yang tinggi. Tapi ingat, untuk mendapatkan jumlah penonton yang tinggi pada video Anda, itu harus informatif dan menarik.

3. Promosikan Bisnis Anda dengan Kartu Nama dan Selebaran

Setiap pelaku bisnis, pengusaha, atau kontraktor pasti memiliki kartu nama pribadi di dompetnya. Memang, ini berfungsi sebagai sumber iklan yang bagus untuk bisnis Anda, karena Anda dapat menggunakannya kapan pun diperlukan. Selebaran disebut bentuk lain dari iklan.

Sejumlah kecil bahan cetakan berharga sepeser pun, tetapi dapat mendatangkan banyak manfaat. Selebaran dapat didistribusikan baik secara mandiri maupun dengan mempekerjakan orang yang akan mendistribusikannya di area ramai untuk mempromosikan bisnis dan memanfaatkan templat selebaran bisnis siap pakai yang dapat diedit dalam strategi Anda. Pemilik bisnis lokal yang ingin mempromosikan bisnisnya harus menyertakan informasi berikut dalam selebaran:

  • Alamat (jika perusahaan memiliki kantor) dan nomor telepon
  • Deskripsi jenis usaha
  • Keuntungan dari layanan bisnis availing

4. Membantu Mitra Dalam Promosi Bisnis

Strategi ini didasarkan pada kerja sama dan memainkan peran khusus dalam promosi bisnis. Misalnya, Anda telah melihat proposal untuk menerima diskon bagus pada layanan satu perusahaan untuk pembelian sejumlah barang tertentu dari perusahaan lain.

Demikian pula, sumber daya manusia yang sederhana juga dianggap sebagai pilihan yang baik untuk promosi bisnis Anda. Anda dapat meminta bantuan dari teman, kolega, kerabat, atau tetangga untuk promosi “dari mulut ke mulut”. Ini adalah teknik promosi tertua dan paling efektif.

Karena penting untuk mempromosikan bisnis dan menarik orang baru, tetapi jangan lupa untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Berikut tips berguna untuk ini:

  • Pendekatan individual untuk setiap klien mereka.
  • Pemilihan yang cermat dari personel yang berkualifikasi untuk bekerja dengan penonton.
  • Peningkatan yang stabil dalam layanan pelanggan.
  • Kerjakan ulasan dan komentar negatif.

5. Gunakan Nama Perusahaan Asli

Nama perusahaan harus menarik dan mudah diingat. Ini akan sangat membantu dalam promosi bisnis. Anda dapat meminta bantuan dari pakar pasar dalam hal ini. Mereka selalu menyarankan nama yang unik dan bermakna yang berhubungan dengan bisnis Anda. Nama unik jika bisnis membutuhkan lebih sedikit upaya untuk promosi.

6. Buat Slogan dan Logo Bisnis

Agar dikenal di pasar, penting untuk membuat logo unik untuk bisnis Anda. Jadi, memiliki logo perusahaan sendiri secara otomatis meningkatkan nilai pasar bisnis dan menjadikannya perusahaan yang memiliki reputasi baik. Perusahaan semacam itu juga memiliki banyak klien. Tapi ingat, logo Anda harus ditempatkan dimana-mana seperti:

  • Kartu nama
  • Stiker
  • Produk suvenir
  • Koran
  • Selebaran
  • Papan nama
  • Brosur
  • Situs internet

7. Kunjungi Pameran

Untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan tentang pasar dan membangun lebih banyak basis pelanggan, seorang pebisnis harus menghadiri pesta bertema, pameran, dan pertemuan. Pada acara seperti itu, seorang wirausahawan perlu menarik calon mitra dan membagikan informasi kontaknya.

Ada kemungkinan besar, pada saat itu, kontraktor tidak akan siap untuk bekerja dengan Anda, tetapi keputusan mereka besok mungkin berubah. Jadi, walaupun Anda belum pernah melakukannya, Anda bisa memulainya karena menjalankan bisnis tanpa komunikasi adalah tugas yang lebih sulit. Teknik ini bermanfaat untuk promosi bisnis.

8. Iklan Luar Ruang

Meskipun World Wide Web memberikan beberapa keuntungan bagi mereka yang ingin mempromosikan bisnisnya, keefektifan iklan luar ruang tidak dapat diabaikan.

9. Penawaran yang Menguntungkan

Setelah Anda meluncurkan semua metode untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda tidak dapat berhenti di situ saja. Secara umum, promosi terus  untuk mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.

Penawaran yang menguntungkan akan membantu bisnis Anda tetap bertahan. Ini termasuk promosi, diskon, sistem poin kumulatif. Misalnya, saat membeli produk dengan harga tertentu, konsumen mendapat diskon 5-10%. Itu akan membuatnya mendatangi Anda lagi dan lagi. Atau dalam kasus akuisisi jenis barang dan jasa tertentu, klien dapat menerima peluang tambahan secara gratis.

Saya harap artikel yang disebutkan di atas akan membantu Anda dalam memilih teknik promosi yang tepat untuk bisnis Anda dan bisnis Anda membuahkan hasil !!

Related Post