Perbedaan Antara E-Commerce dan Online Marketplace

Perbedaan E-Commerce Marketplace

Menjalankan bisnis di Internet menjadi semakin umum daripada di kehidupan nyata. Ada berbagai jenis hubungan ritel online: bisnis-ke-bisnis, bisnis-ke-konsumen, bisnis-ke-administrasi, dan banyak lagi. Mereka semua bersatu di bawah istilah “e-Commerce”.

ECommerce seringkali disalahartikan sebagai jenis hubungan bisnis online lainnya, pasar. Jadi, bagaimana Anda membedakan mana yang mana?

Ada beberapa perbedaan utama yang perlu diperhatikan antara toko E-Commerce dan pasar online.

Apa itu ECommerce?

Pertama-tama, mari kita perjelas apa itu perdagangan elektronik. Yakni, itu adalah platform yang memfasilitasi penjualan dan pembelian barang dan jasa fisik secara online. Ini hanya melibatkan satu label yang mendistribusikan produk mereka. Contohnya bisa jadi merek seperti IKEA, Leroy Merlin, dll.

  1. Kami dapat memecah berbagai jenis hubungan transaksional antara pelanggan dan bisnis di pasar E-Commerce menjadi beberapa jenis:
  2. Ritel – transaksi langsung tanpa mediator.
  3. Grosir – pembelian grosir.
  4. Dropshipping – produk yang dijual dibuat dan dikirim oleh arbiter.
  5. Crowdfunding – pengasuhan produk atau layanan didanai oleh konsumen melalui pembayaran di muka.
  6. Langganan – pembelian berulang otomatis atas fasilitas atau artefak. Produk fisik atau digital – menjual barang fisik secara langsung atau melalui perantara.
  7. Layanan – distribusi layanan online.

Apa Itu Marketplace?

Sekarang, untuk membuat perbandingan, pasar adalah semacam toko E-Commerce, tetapi alih-alih satu merek dagang yang mempromosikan utilitas mereka, pasar mencakup berbagai penjual dengan produk mereka sendiri. Ini pada dasarnya adalah tahap untuk operasi komersial oleh banyak pengecer berbeda yang tidak memiliki platform terpisah sendiri. Sebuah pasar memungkinkan mereka untuk mendaftar dan memasang produk mereka dengan sedikit biaya. Beberapa contoh termasuk AliExpress dan Gumtree.

Idenya adalah bahwa semua pasar adalah toko E-Commerce, yang merupakan komitmen yang dimediasi secara online, tetapi tidak sebaliknya. Sebuah eCommerce hanya akan menjadi pasar jika itu adalah jenis platform dengan banyak vendor yang menyediakan toko online dengan stok.

Bagaimana cara mengetahui pasar dari toko e-Commerce:

  1. Di pasar, pilihannya lebih luas daripada di toko online tertentu. Ini adalah eCommerce multichannel, yang berarti bahwa produk dikumpulkan dari banyak vendor dan karenanya jauh lebih banyak dan beragam daripada di toko merek tunggal.
  2. E-commerce membutuhkan pendanaan yang lebih kuat. Karena semua item yang dijual berasal dari satu penyedia, investasi besar harus dilakukan untuk memperluas jangkauan produk saat toko eCommerce diluncurkan untuk menarik lebih banyak pembeli. Sebaliknya, berbagai produk di pasar disediakan oleh semua penjual individu yang menggunakan platform.
  3. Pasar lebih sering menggunakan dropshipping. Beberapa dealer, tentu saja, akan menawarkan barang-barang unik, tetapi sebagian besar akan menjual kembali barang-barang yang dibeli sebelumnya dari produsen pihak ketiga, dan kemudian mengakses layanan pos untuk mengirimkan barang tersebut. Sebaliknya, toko e-commerce harus menyewa pasukan independen untuk melakukan aktivitas pengiriman untuk mereka. Yang terakhir ternyata jauh lebih mahal dan membutuhkan logistik tingkat yang lebih tinggi.
  4. Pasar tidak berurusan dengan sisa makanan. E-commerce harus memproduksi atau berinvestasi dalam jumlah besar barang dagangan dan stok, seringkali tersisa dengan potongan yang tidak terjual dan menderita kerugian finansial. Di sisi lain, pasar menyetujui peran ini kepada individu perorangan yang mengisi rak.

Apakah Anda merasa tergoda untuk membuka bisnis marketplace Anda sendiri? Ini dapat dilakukan lebih mudah daripada yang terlihat dengan OpenCart Marketplace Extension.

Apa itu OpenCart?

Kami adalah organisasi manajemen online, menawarkan solusi yang rapi dan nyaman untuk pasar pribadi Anda. Template dan fungsi kami dirancang untuk membuat perjalanan Anda menuju bisnis online yang brilian lancar dan mudah dipahami.

Di OpenCart kami percaya dalam mengizinkan sebuah bisnis dimulai untuk semua. Untuk mencapai itu, kami telah menciptakan kondisi sempurna bagi pedagang untuk membangun toko online mereka hanya dengan beberapa klik. Beberapa layanan yang kami sediakan antara lain sebagai berikut:

  • Portal admin untuk administrator agar dapat dengan mudah mengelola pasar dengan beberapa vendor dari satu backend.
  • Portal penjual untuk pengecer untuk memfasilitasi pengelolaan situs mereka yang mudah, dilengkapi dengan dasbor yang kuat dan semua fungsi penting.
  • Beranda yang dapat disesuaikan dengan opsi memasukkan logo, spanduk, dan desain Anda sendiri.
  • Antarmuka multibahasa.
  • Opsi pembayaran pra-instal dan catatan pendapatan untuk mengamankan dan mengikuti transaksi Anda.
  • Peluang untuk beralih dari toko penjual tunggal ke situs web dengan beberapa vendor dengan OpenCart Marketplace Extension.
  • Penjual yang dapat diakses dengan fungsi tampilan profil, ulasan yang dapat diedit, dan sistem komunikasi terbuka dilengkapi dengan koneksi melalui email.
  • Berbagai opsi pengiriman dengan opsi menambahkan Anda sendiri.

Bergabunglah dengan jaringan pengecer sukses dan mulailah menghasilkan uang dengan toko Anda sendiri.

Related Post